Resep Membuat Nasi Goreng Duplikasi Abang Tek-Tek. Resep rahasia nasi goreng abang-abang disertai tips dan trik agar nasi goreng menjadi harum, gurih dan nikmat. Resep ini juga digunakan oleh street food. Nasi goreng menjadi salah satu menu masakan andalan berasal dari Indonesia.

Nasi Goreng Duplikasi Abang Tek-Tek Usut punya usut, katanya mereka pakai kemiri dibumbu ulekannya lo! Nasi goreng pinggir jalan punya sensasi rasa enak yang berbeda dibanding dengan nasi goreng yang biasa dibikin di rumah. Kalo lebih ga bakal sama rasanya kayak di abang-abang nasgor gan d. Kamu bisa membikin Nasi Goreng Duplikasi Abang Tek-Tek menggunakan 13 bahan dan cara membuat 4. Berikut ini adalah cara membuat nya.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Nasi Goreng Duplikasi Abang Tek-Tek

  1. Campurkan 400 gr dari nasi putih pera atau nasi kemaren.
  2. Campurkan iris dari Sawi hijau secukupnya (sy pakai sayur kankungsdh direbus.
  3. Persiapkan 4-5 sdm dari Minyak goreng.
  4. Tambahkan 1-2 butir dari Telor.
  5. Tambahkan 1 sdt dari garam.
  6. Tambahkan dari Micin 1 sdt (bisa diganti penyedap non msg jangan pake royco).
  7. Campurkan Sepotong kecil dari dada ayam.
  8. Persiapkan 3 butir dari Bawang merah, haluskan.
  9. Campurkan 2 siung dari Bawang putih, haluskan.
  10. Campurkan dari Bawang daun : 1 batang, iris.
  11. Tambahkan 1 tangkai dari seledri, iris.
  12. Persiapkan dari Merica butir secukupnya, kalo kebanyakan dominasi rasanya.
  13. Persiapkan 2 butir dari Kemiri.

Tapi kenapa nama tempat nya mie tek-tek ya ? Kalau selama ini anak kos cuma bergantung sama abang-abang pinggir kos-an buat nikmatin masakan yang satu ini, kenapa kali ini gak bikin sendiri aja pakai resep mie goreng tek-tek anak kos ini? Berbeda dengan nasi goreng oriental yang berwarna terang, nasi goreng khas Jawa berciri khas warna sangat gelap. Sebab sajian ini menggunakan sambal ulek dan kecap, yang membuat rasanya tajam juga pedas.

Langkah Langkah Membuat Nasi Goreng Duplikasi Abang Tek-Tek

  1. Goreng kemiri diminyak yg 4 sdm tadi sampe kecokelatan, angkat (sy giling halus sj tdk digoreng). Diminyak sama goreng dada ayam hingga matang lalu angkat dan suwir ayamnya. Hasil minyaknya jangan dibuang, dipakai buat menumis bumbu yang sudah dihaluskan.  (Bisa juga pakai baceman bawang)..
  2. Setelah bumbu yang sudah dihaluskan ditumis dan wangi di api kecil, masukkan telur. Orak-arik lalu besarkan api paling maksimal. Masukkan nasi, sawi, dan ayam suwirnya. Aduk rata. Tambahkan daun bwg dan seledri (sy lupa 😄😄). Angkat dan sisihkan..
  3. "Tahap gongseng ini penting utk citarasa dan yg bikin beda dr yg lain, karena rasanya nyaris sama dgn yg dibeli". Panaskan wajan bekas tadi tanpa minyak dengan api maksimal.  Jangan panik lihat asap yang muncul (disarankan jangan sambil ngobrol atau hp-an (tp sy tdk pakai metode ini krn takut 🙈🙈). Saya langsung tambahkan kecap disisi wajan dan aduk rata dan sy pakai merica bubuk, aduk rata dan koreksi rasa..
  4. (Saya tidak pakai metode ini karena masih cemas tp sy sertakan jg)Harus fokus karena urusannya asap dan api gede )  setelah asap muncul, bagi dua nasi yang kita masak tadi menjadi 2 piring supaya hasilnya maksimal. lalu gongseng/nasi diasap persutil tahap demi tahap.  Kasih kecap per-porsinya. Beri kecap saat api besar dan tuang dipinggir-pinggir wajan agar kecap terkaramelisasi menambah citarasa jadi rahasia enaknya juga. Angkat, taruh piring dan hias dengan tomat, timun, acar, dan kerupuk..

Ciri khas nasi goreng kampung lainnya yaitu pemasakannya yang tradisional. Mie goreng tek-tek, ah siapa sih yang tidak menyukainya? Mulai dari kanak-kanak hingga mereka yang telah lanjut usia. Teksturnya lembut, rasanya manis gurih dan tersedia dimana-mana. Selama masih ada gerobak si abang yang nongkrong di tepian jalan maka kapanpun dan dimanapun kita. Demikian lah tutorial Resep Membuat Nasi Goreng Duplikasi Abang Tek-Tek.

Komentar Dinonaktifkan